NPM : 1B415861
Kelas : 4IB03
Dahulu, multimedia hanya
menggunakan alat-alat berupa speaker dan layar komputer yang terhubung
langsung. Saat ini multimedia sudah menggunakan berbagai alat dan media untuk
menampilkan fungsi multimedianya. Contohnya adalah handphone dan camera
digital. Bahkan jika tidak punya kita bisa memanfaatkan jasa sewa
multimedia.
A. Pengertian Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat
bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis,multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis,multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
B. Perkembangan
Multimedia
Morgan Stanley menyebutkan
bahwa untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun,
televisi membutuhkan 13 tahun, TV kabel membutuhkan waktu 10 tahun dan internet
membutuhkan waktu 5 tahun.Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan
internet, maka multimediamerupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia
saat ini.
C. Perangkat - Perangkat Multimedia :
Berikut yang termasuk perangkat - perangkat multimedia :
1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi
multimedia pada komputer. Contoh perangkat lunak untuk multimedia adalah
Windows media player yang dapat digunakan untuk menjalankan CD atau DVD pada
komputer kita.
2. CD / DVD ROM
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan
DVD.
3. Sound Card
Sound card (kartu suara) adalah perangkat yang
terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk
mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang
keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat
masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
4. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung
langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar)
agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan
adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).
5. TV Tuner
TV Tuner merupakan perangkat yang memungkinkan
komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor.
TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card expansi. Tapi ada
juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan bisa langsung
dihubungkan ke monitor.
6. Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output
untuk menghasilkan suara. Contohnya headset.
D. PERANGKAT
LUNAK
Perangkat lunak (software) adalah
istilah umum untuk data yang
diformat dan disimpan secara digital, termasuk program
komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca
dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem
komputer yang tidak berwujud.
E. PERANGKAT KERAS
Perangkat keras komputer (hardware) adalah
semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya
atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat
lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat
keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan
antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita
berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak
yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan
wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik
komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya
adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang
terdiri dari bagian berikut:
§ Papan sistem/papan induk yang
merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu
tambahan.RAM – tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak
perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih
besar akan membantu kecepatan PC.
Spesifikasi PC yang digunakan adalah :
1. Processor
Processor merupakan otaknya komputer dimana alat melakukan pemrosesan dari perintah-perintah yang dijalankan. Teknologi multimedia Extention (MMX) pada processor menambahkan instruksi-instruksi yang dapat meningkatkan kinerja multimedia. Aplikasi multimedia, baik suara maupun gerakan yang ditampilkan di layar komputer akan lebih jernih dan lebih halus jika dibandingkan dengan menggunakan processor tanpa MMX . Kecepatan processor dapat dilihat dari frekuensi kerjanya yang diukur dengan satuan megahertz (Mhz). Makin tinggi frekuensinya maka semakin cepat cara kerjanya.
Processor merupakan otaknya komputer dimana alat melakukan pemrosesan dari perintah-perintah yang dijalankan. Teknologi multimedia Extention (MMX) pada processor menambahkan instruksi-instruksi yang dapat meningkatkan kinerja multimedia. Aplikasi multimedia, baik suara maupun gerakan yang ditampilkan di layar komputer akan lebih jernih dan lebih halus jika dibandingkan dengan menggunakan processor tanpa MMX . Kecepatan processor dapat dilihat dari frekuensi kerjanya yang diukur dengan satuan megahertz (Mhz). Makin tinggi frekuensinya maka semakin cepat cara kerjanya.
2. Memori
utama
Memori
merupakan tempat komputer menjalankan program. Kebutuhan akan memori sekarang
ini selalu bertambah seiring dengan perkembangan hardware dan software yang
menuntut kecepatan proses. Syncronous Dinamic Random Access memori (SDRAM) yang
mempunyai kecepatan 400 Mhz, bahkan sedang dikembangkan sampai menjadi 800 Mhz
untuk mengimbangi kecepatan processor yang semakin cepat. Untuk menjalankan
windows 98 diperlukan kapasitas memori minimal 16 Mb, sedangkan untuk membuka
aplikasi lain serta dalam pemakaiannya diperlukan memori yang kapasitasnya
lebih besar, seperti dalam pembuatan produk multimedia yang menampilkan gambar
yang berwarna, teks, suara, animasi, dan video diperlukan memori min 32 Mb dan
kecepatan minimal 100 Mhz.
3. Hardisk
Selain memori diperlukan ruang penyimpanan yang permanen (storage space). Harddisk (cakram kaku) adalah tumpukan piringan logam yang keras, dilapisi magnet sensitif dengan sederetan sensor atau head yang mengambang setebal rambut diatas permukaan piring yang berputar dengan cepat. Harddisk merupakan tempat penyimpanan data biner yang secara tepat dan mudah dibaca oleh komputer. Harddisk dapat menampung data lebih banyak dibandingkan dengan floppy disk (disket) yang hanya berukuran 1,44 Mb, serta dapat mentransfer data dengan kecepatan tinggi. Untuk kebutuhan produk multimedia diperlukan kapasitas penyimpanan data yang sangat besar, software-software pendukung multimedia juga banyak memakan tempat pada harddisk.
Untuk itu diperlukan harddisk yang kapasits yang besar untuk membuat produk multimedia agar bisa menampung gambar ,animasi, dan video digital yang jumlahnya cukup besar.
Selain memori diperlukan ruang penyimpanan yang permanen (storage space). Harddisk (cakram kaku) adalah tumpukan piringan logam yang keras, dilapisi magnet sensitif dengan sederetan sensor atau head yang mengambang setebal rambut diatas permukaan piring yang berputar dengan cepat. Harddisk merupakan tempat penyimpanan data biner yang secara tepat dan mudah dibaca oleh komputer. Harddisk dapat menampung data lebih banyak dibandingkan dengan floppy disk (disket) yang hanya berukuran 1,44 Mb, serta dapat mentransfer data dengan kecepatan tinggi. Untuk kebutuhan produk multimedia diperlukan kapasitas penyimpanan data yang sangat besar, software-software pendukung multimedia juga banyak memakan tempat pada harddisk.
Untuk itu diperlukan harddisk yang kapasits yang besar untuk membuat produk multimedia agar bisa menampung gambar ,animasi, dan video digital yang jumlahnya cukup besar.
4. Monitor
Monitor adalah kebutuhan yang utama, dimana hasil dari pemrosesan komputer ditayangkan (dispay) lewat sebuah media yang bernama monitor. Monitor yang terdiri atas pixel (picture element) ini memungkinkan untuk memantulkan gambar pada layar. Pixel dapat tersusun dari empat kombinasi kolom dan baris pada layar monitor yang disebut juga dengan resolusi. Resolusi
pada monitor bermacam-macam ukuran, sepert ukuran pada umumnya monitor yakni sebagai berikut : 640 x 480, 800 x 600, 1024 x 768, dan 1280 x 1024
Selain warna dan resolusi monitor, jarak antara pixel yang disebut dotpitch juga mempengaruhi kehalusan gambar yang ditampilkan, semakin kecil atau rapat jaraknya maka semakin halus pula gambar yang ditampilkan. Pada pembuatan produk multimedia ini digunakan monitor yang mempunyai jarak dotpitch 0.28 mm.
Monitor adalah kebutuhan yang utama, dimana hasil dari pemrosesan komputer ditayangkan (dispay) lewat sebuah media yang bernama monitor. Monitor yang terdiri atas pixel (picture element) ini memungkinkan untuk memantulkan gambar pada layar. Pixel dapat tersusun dari empat kombinasi kolom dan baris pada layar monitor yang disebut juga dengan resolusi. Resolusi
pada monitor bermacam-macam ukuran, sepert ukuran pada umumnya monitor yakni sebagai berikut : 640 x 480, 800 x 600, 1024 x 768, dan 1280 x 1024
Selain warna dan resolusi monitor, jarak antara pixel yang disebut dotpitch juga mempengaruhi kehalusan gambar yang ditampilkan, semakin kecil atau rapat jaraknya maka semakin halus pula gambar yang ditampilkan. Pada pembuatan produk multimedia ini digunakan monitor yang mempunyai jarak dotpitch 0.28 mm.
5. Video
card
Gambar
akan muncul pada layar monitor ketika ketika menerima perintah dari video card untuk
menyoroti pixel tertentu yang ada pada monitor. Kecepatan video card
mengirimkan informasi kepada monitor untuk menyoroti pixel disebut bandwith
yang diukur dalam satuan Hertz.
Video card menentukan berapa banyak warna yang dapat dilihat dilayar. Untuk keperluan multimedia diperlukan video card dengan memori diatas 2Mb, yang mempunyai kapasitas warna dari 8-bit ( 256 warna ), 16-bit ( 65563 warna ) sampai 24-bit (16,7 juta warna ). Semakin banyak warna semakin lambat warna akan ditampilkan pada monitor, karena performanya menurun, dan untuk meningkatkannya digunakan accelerator card.
Video card menentukan berapa banyak warna yang dapat dilihat dilayar. Untuk keperluan multimedia diperlukan video card dengan memori diatas 2Mb, yang mempunyai kapasitas warna dari 8-bit ( 256 warna ), 16-bit ( 65563 warna ) sampai 24-bit (16,7 juta warna ). Semakin banyak warna semakin lambat warna akan ditampilkan pada monitor, karena performanya menurun, dan untuk meningkatkannya digunakan accelerator card.
6. CD
ROM drive
CD
ROM (Compact Disk Read Only Memory) drive telah menjadi integral dari sebuah PC
multimedia CD ROM drive dapat mengakses serta dapat mentransmisikan data
seperti grafik, suara, program aplikasi dan video, namun tidak bisa digunakan
untuk menyimpan data. Untuk kebutuhan menyimpan data
pada CD dibutuhkan alat seperti CD writer, berbentuk seperti CD ROM namun mempunyai kelebihan yaitu bisa menyimpan data pada CD. CD ROM banyak digunakan untuk menginstal program pada komputer dan juga bisa digunakan sebagai media hiburan.
Produk multimedia yang sudah jadi dikemas dalam CD dan bisa diperbanyak, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan kita bisa melihatnya lewat bantuan media CD ROM.
pada CD dibutuhkan alat seperti CD writer, berbentuk seperti CD ROM namun mempunyai kelebihan yaitu bisa menyimpan data pada CD. CD ROM banyak digunakan untuk menginstal program pada komputer dan juga bisa digunakan sebagai media hiburan.
Produk multimedia yang sudah jadi dikemas dalam CD dan bisa diperbanyak, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan kita bisa melihatnya lewat bantuan media CD ROM.
7. Mouse
Mouse adalah alat input atau pointing device yang mudah untuk dipakai pengguna komputer. Sistem komputer berbasis windows banyak menggunakan media ini sebagai alat input standar. Untuk menggambar diperlukan mouse yang dikhususkan untuk menggambar yaitu pen mouse supaya hasil gabar menjadi baik.
Mouse adalah alat input atau pointing device yang mudah untuk dipakai pengguna komputer. Sistem komputer berbasis windows banyak menggunakan media ini sebagai alat input standar. Untuk menggambar diperlukan mouse yang dikhususkan untuk menggambar yaitu pen mouse supaya hasil gabar menjadi baik.
8. Keyboard
Keyboard ( papan kunci ) adalah sebuah perangkat input standar yang biasa digunakan user ( pengguna ) komputer untuk memasukan data teks, angka, ataupun kode ASCII, keyboard sangat diperlukan walaupun sekarang banyak painting device (mouse) akan tetapi fungsi media keyboard tidak bisa dikesampingkan.
Keyboard ( papan kunci ) adalah sebuah perangkat input standar yang biasa digunakan user ( pengguna ) komputer untuk memasukan data teks, angka, ataupun kode ASCII, keyboard sangat diperlukan walaupun sekarang banyak painting device (mouse) akan tetapi fungsi media keyboard tidak bisa dikesampingkan.
9. Mikrophone
(mike) dan speaker
Pada
komputer multimedia telah disediakan microphone dan speaker sebagai peralatan
standar komputer multimedia. Microphone digunakan sebagai alat input suara
kedalam komputer, sedangkan speaker digunakan untuk alat output dari hasil
proses pada komputer.
Source :
https://musdikar.wordpress.com/2016/04/12/perangkat-dalam-pembuatan-multimedia/
http://joenloendaputri.blogspot.co.id/2010/12/peralatan-multimedia.html
http://sinergimuda.blogspot.co.id/2013/01/arsitektur-komputer-perkembangan_3.html
http://fitria-penunjangmultimedia.blogspot.co.id/2012/02/hardware-penunjang-multimedia.html
No comments:
Post a Comment