Thursday, October 15, 2015

Perbedaan Manager dan Pemimpin






Sesuai dengan teori para ahli, dimana perbedaan pemimpin dan manager didefinisikan sebagai berikut :
“All managers are leaders, but all leaders are not managers.”

Dari teori tersebut, saya akan mentafsirkan lebih jauh perbedaan-perbedaan apa saja untuk membedakan kapan kita menggunakan kata pemimpin, dan kapan kita menggunakan kata manager untuk suatu kasus.


Apa sih Pemimpin itu?

Pemimpin, dapat kita sebut juga sebagai leaders (English), adalah seseorang yang ditunjuk terlebih dahulu oleh bawahannya, karena seorang leaders harus bisa menjadi contoh, inspirasi, dan sekaligus sebagai motivator bagi bawahannya.


Dan Apa Manager itu ?

Manajer adalah pejabat yang bertanggungjawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang dipimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.
Dari definisi tersebut,  managing atau mengelola yang diterima banyak praktisi adalah “proses mencapai tujuan melalui kerja orang lain.” 
Menurut Marsekal Sir William Slim (Komandan angkatan bersenjata Inggris ke 14 dalam perebutan Bumma dari tangan Jepang) menulis : Manager memang dibutuhkan, tetapi pemimpin dipentingkan. Kepemimpinan berhubungan dengan jiwa yaitu gabungan antara kepribadian dan visi. Sementara manajemen berhubungan dengan pikiran, lebih memperhatikan kalkulasi akurat, statistika, metode, penjadwalan, dan rutinitas.


Apa tugas Manager dan Pemimpin?

       A. Pemimpin

Berusaha membuat perubahan dalam organisasi dengan :

1.      Menyusun visi masa depan dengan strategi.
2.      Mengkomunikasikan dan menjelaskan misi.
3.      Memotivasi dan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk 
      mencapai misi.

      B. Manager

Membuat perkiraan dan aturan dengan :

1.      Menetapkan sasaran operasional.
2.      Membuat rencana tindakan dengan jadwal.
3.      Mengalokasikan sumberdaya.
4.      Mengorganisasi dan menugaskan orang dalam struktur organisasi.
5.      Memantau hasil dan menyelesaikan masalah.





Apa perbedaan Manager dan Pemimpin ?

1.  Dalam hal perencanaan
·          Manajer akan merencanakan sesuatu berdasarkan hal-hal yang sifatnya prosedural, teknis, terarah, tegas, dan tidak bertele-tele.
·    Namun jika pemimpin tidak merencanakan sesuatu karena pemimpin tidak merancang rencana prosedural, pemimpin lebih memiliki visi atau pandangan dalam perencanaannya.

2.   Dalam hal pengaruh
·        Manajer memiliki pengaruh hanya dalam batasan formal, yang artinya dia akan memiliki pengaruh ketika dia secara formal diberikan jabatan seorang manajer.
·      Kalau pemimpin memiliki pengaruh luas, kharismatik, dan energik dalam berpikir, bahkan ketika pemimpin itu sudah tidak jadi pemimpin lagi, pendapat-pendapatnya akan tetap di pertimbangkan dan diutamakan.

3.  Dalam mengatur sumber daya manusia di organisasinya
·          Manajer akan memilih untuk memberikan perintah ini dan itu ketimbang menunggu anak buahnya  melakukan sesuatu untuknya, misalnya manajer akan cenderung selalu memberikan tugas ini itu dan sebagainya, tugas itu biasanya terkesan menuntut.
·  Jika pemimpin justru akan memberikan kekuatan wewenangnya untuk memberdayakan (empowering) anak buahnya, biasanya pemimpin akan menjelaskan keinginan yang berkaitan dengan organisasi dengan anak buahnya, tanpa menjelaskan bagaimana, apa, dan siapa yang harus merealisasikannya, namun justru anak buahnya akan dengan senang hati merealisasikannya untuknya.

4.   Dalam mengontrol organisasi dan anak buahnya
·     Sang manajer akan cenderung malas untuk memberikan perhatian moral dalam mengontrol anak buahnya, namun justru lebih sering memberikan control yang sifatnya prosedural, seperti memberikan sanksi untuk memotivasi anak buahnya yang sudah menunjukkan gejala penurunan performa.
·   Hal ini berbeda dengan sang pemimpin, karena pemimpin(leader) justru akan memberikan kepedulian kepada anak buahnya jika performa anak buahnya menurun.

5.   Dalam hal tujuan yang ingin dicapai

·        Manajer memiliki tujuan yang jelas dan memiliki target kuantitatif, yaitu mendapatkan hasil yang       sudah digariskan perusahaan atau organisasi miliknya.
·      Namun pemimpin akan lebih suka memperbaiki sistem di organisasinya yang ia rasakan kurang  atau belum sempurna.


dikutip dari berbagai sumber :



No comments:

Post a Comment